Pengertian Bandwidth (Lebar Pita)


Halo... apa kabar?
Kemarin kita sudah membahas mengenai jenis-jenis layanan internet berdasarkan basic Management IT Servicenya. Kali ini, istilah lain yang akan gue bahas juga nggak jauh-jauh dari yang kita kenal.

Siapa yang nggak kenal istilah bandwidth. Istilah ini sering disebut-sebut anak gahol jaman sekarang. Pasti fasih banget nih dengan kata-kata ini. "BWK woy! BWK!! quota gue ludes ini!!".  Padahal pengertian bandwidth, speed dan quota itu berbeda lho. Let says... "Bandwidth gue abis?" or "Quota gue abis?" aneh kan? bandwidth koq habis. hihihihi~ Oke biar lebih jelas, kita bahas dulu yuk, sedikit tentang Bandwidth.

Bandwidth
Analogi Bandwidth :
Pipa dan bit sebagai data yg dilewatkan
Bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps (bit per second) antara server dan client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Intinya, bandwidth adalah kapasitas maksimal sebuah jalur komunikasi yang digunakan untuk transfer data halam hitungan per detik. Ibarat jalan raya, maka lebar jalan raya tersebut adalah bandwidth dan kendaraan adalah data yang di transfer.

Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.

Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth digital dan Bandwidth analog. Berikut adalah penjelasan masing - masing Bandwidth tersebut:
  • Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  • Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Speed (kecepatan)
Samakah Bandwidth dengan kecepatan?
Jawabannya: Bandwidth dengan kecepatan, berbeda.

Informasi dialirkan melalui berbagai media. Misalnya kita pilih kabel sebagai media. Sehingga informasi dialirkan melalui kabel tersebut. Karena informasi bisa dialirkan melalui kabel, kita bisa mengasumsikan kabel ini sebagai pipa tempat informasi disalurkan.

Nah, bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari jalan raya untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu, misalnya dalam satu detik.

Sebagai contoh : kita berlangganan internet dengan ISP, dengan Bandwidth 128 Kbps. Maka lebar jalur tersebut hanya memuat data sebesar 128 Kb (kilo bit) per detiknya. Jika kita melakukan transfer data sebesar 1 MB (megabyte) maka diperhitungkan seperti berikut :

Diketahui :
1 Byte = 8 bit
Bandwidth : 128 Kbps
Data : 1 MB = 1000 KB = 8000 bit
Waktu untuk transfer data  = 8000 bit / 128 bit per detik
                                       = 8000 bit / 128 bit per detik
                                       = 62.5 detik*
*hitungan di atas ini hanya jika traffic kosong pada jalur tersebut. dan hanya sebagai perumpamaan, bukan keadaan yang sebenarnya.

Maka waktu yang diperlukan untuk mentransfer data sebesar 1 Megabyte adalah 62.5 detik dengan menggunakan jalur selebar 128 Kbps. Semakin lebar bandwidth yang ada tentu saja data yang lewatkan akan semakin besar. 

Kalau jalanan kosong, pengendara akan lebih mudah memacu kecepatan kendaraaanya kan? :D begitu juga dengan bandwidth, saat traffic kosong, dia akan bertambah cepat, namun tetap saja data transfernya hanya 128 Kbps. Baca lagi mengenai Internet Shared disini

Sedangkan Quota adalah batas data yang ditransfer yang diberikan oleh ISP. Berbeda sangat jauh dengan pengertian bandwidth kan? hihihi~ 

Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth yaa..., pada kenyataannya, data yang lalu lalang bisa datang dari iklan, fitur auto saved (seperti di blog) dan sebagainya. 

Nah, mudah-mudahan bisa dipahami ya.. sampai ketemu lagi di pembahasan mengenai istilah komputer berikutnya. Jangan segan-segan untuk bertanya atau sekedar mengkoreksi tulisan ya. hihihi~
terimakasih sudah membaca! 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

2 komentar :

  1. Mantap informasinya, saya tambah mantap jiwa hihihi...

    BalasHapus
  2. Terimaksih informasinya kak, sangat membantu

    BalasHapus