Melirik Perkembangan Daerah Sekitar Jakarta

Sebagai masyarakat kelas menengah ngehe yang bekerja di Jakarta. Mencari perumahan di sekitar Jakarta itu lumayan bikin pusing sih. Di satu sisi, maunya yang deket-deket sama orang tua di Jakarta. Tapi kalau melihat harga rumah di tengah kota, haaa.... rasanya belum kejangkau deh.

Kenapa nggak Apartemen?

Umm.. No. Saya dan mamas lebih memilih untuk memiliki rumah landed. Makanya memilih perumahan yang berada di kawasan satelit Jakarta, menjadi pilihan. Apalagi setelah denger ada rencana pembangunan Tol dan jalur baru Commuter Line. Rasanya kalau ada commuter line, jarak tempuh ke Jakarta, nggak bakal susah lagi dong. Hihihi.


Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah lokasi perumahan, saya dan mamas sempat melakukan survei ke beberapa lokasi di sekitar satelit jakarta. Daerah yang menjadi concern kami adalah Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Depok, dan Serpong.

And.. as we know, karena daerah ini lah, yang emang lagi berkembang dengan rencana pembangunan proyek infrastruktur tol dan jalur KRL baru. Sebelum memutuskan memilih lokasi perumahan, intip dulu yuk, lokasi mana aja yang lagi tersentuh proyek pemerintah ini!

Bekasi Timur dan Cikarang

Sejak informasi jalur commuter line akan diperpanjang hingga Cikarang, banyak banget pembangunan mengarah ke timur Bekasi. Pengembang besar seperti Metropolitan Land pun tidak mau ketinggalan menggarap kawasan timur bekasi, seperti tambun dan cibitung.

Saat ini banyak banget lho, perumahan kelas menengah dan subsidi dibangun di kawasan Tambun, Cibitung, dan Cikarang. Walau akses jalan di Tambun masih menjadi masalah warga, namun adanya pembangunan stasiun-stasiun baru di sekitar jalur baru nanti, pastinya bakal membawa kemudahan akses menuju Jakarta. 

Apalagi pembangunan jalur kereta double-double track (DDT) dan elektrifikasi jalur kereta sampai ke stasiun Cikarang udah kelihatan progressnya. Dan perkiraan jalur ini bisa dinikmati tahun 2018.


Selain area Bekasi Timur, pembangunan perumahan di Bekasi saat ini bergerak ke arah utara, karena adanya rencana Tol Cibitung - Cilincing yang ditargetkan akan dapat beroperasi pada tahun 2018.

Hmm... bisa jadi pilihan nih, buat yang mau tinggal di Bekasi, kira-kira pilih ke Utara atau Timur. :D

Bekasi Selatan

Yang termasuk kawasan Bekasi Selatan adalah Jati Asih, Jati Warna, Jati Melati, dan daerah Pondok Gede selatan. Daerah ini mulai kelihatan bertambah ramai setelah dibangunnya Tol JORR (Cikunir-Kp Rambutan) pada tahun 2005. Sama seperti bagian selatan Jakarta, kawasan Bekasi Selatan ini masih banyak pepohonan sehingga lingkungannya adem, dan kualitas air bersihnya sangat baik.


Karena posisinya yang mepet dengan pintu tol dan kota Jakarta (hanya 1km ke batas kota, Bambu apus dan Taman Mini), lokasi ini jadi primadona banget. Nggak perlu melewati padatnya jalur Tol Jakarta - Cikampek, untuk sampai ke Jakarta dan bisa lebih cepat untuk sampai ke Bandara Soekarno-Hatta (SHIA), melalui Tol JORR.

Banyak universitas swasta dan negeri bergengsi yang membangun kampus di sekitar sini, misalnya Poltekes Negeri, Universitas Mercu Buana, London School Public Relation (LSPR). Makanya nggak heran kalau harga perumahan di kawasan ini terus naik.
Plan Gedung Kampus LSPR di Jatiwarna (via Google maps)
Cibubur

Apa yang dibayangkan saat mendengar kata "Cibubur"? Bumi Perkemahan? Daerah yang sejuk?
Sebagai wilayah paling selatan Kota Jakarta, Cibubur akhirnya kebagian proyek MRT yang saat ini sedang dalam proses pembangunan di sepanjang jalur Tol Jagorawi.

Buat yang berencana membeli rumah di kawasan cibubur, saat ini banyak proyek perumahan dibangun oleh pengembang besar seperti Metland dan Citra Indah. Sayangnya lokasi perumahan tersebut harus melalui Jl. Transyogi untuk mencapai ke st. MRT Cibubur yang diperkirakan berada di sekitar buperta.


rencana jalur kereta outer ring road. souce : citraindahresidence.com
Eits, jangan mundur dulu yaa, karena pemerintah telah menyiapkan proyek Tol Cimanggis - Cibitung yang rencananya akan melintas melalui Perumahan Kota Wisata, dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2018, Juga rencana jalur KRL Outer Ring Road dari Stasiun Nambo yang bisa jadi alternatif transportasi.

Depok

Sebenarnya kota Depok sudah ramai dari jaman dulu. Namun pamor daerah ini jadi naik, setelah kemudahan menggunakan commuter line menjadi idaman para karyawan yang kerja di Jakarta, dan adanya pembangunan Tol Cijago, Tol Desari (Depok-Antasari) dan Tol Serpong <> Cinere.

rencana tol Cijago & Cinere -  Serpong
Saat ini progress pembangunan perumahan di Depok mulai bergerak ke daerah Sawangan, Limo, dan Meruyung. Karena di kawasan ini lah direncanakan proyek Tol Serpong<>Cinere dan Tol Depok-Antasari melintas. Di kawasan ini banyak dibangun proyek perumahan kelas menengah, walau sebenernya jaraknya cukup lumayan untuk sampai ke stasiun kereta terdekat.

BSD dan Cisauk

Siapa yang nggak kenal kawasan BSD? Walaupun banyak yang bilang, BSD masih tanah emplang-emplangan, tapi harga tanah di kawasan BSD sudah sangat tinggi. Yaa bayangin aja, harga lahan perumahan di BSD udah Rp 12-13juta/m2. 

Buat yang nggak sanggup membeli rumah di BSD, tapi kepengen menikmati fasilitas BSD bisa melirik ke kawasan Cisauk. Di kawasan ini banyak dibangun perumahan kelas menengah, bahkan nantinya akan dibangun pula apartemen di sekitar Stasiun Cisauk.

Kawasan yang bertetangga langsung dengan BSD phase 1 ini, juga akan kebagian exit tol Serpong-Balaraja yang posisinya dibelakang AEON Mall (target beroperasi tahun 2018) serta rencana Tol JORR 3.

Master Plan Bale Tirtawana source:rumahdijual.com
Selain itu Jl. Cisauk - Rumpin juga menjadi akses dari proyek perumahan Bale Tirtawana Cluster Argawana (milik Sinarmas Land) yang jaraknya -/+ 7Km dari BSD. Bisa dipastikan warga sekitar dapat menikmati mulusnya jalan raya beton ala BSD.

Parung Panjang

Berdasarkan hasil jalan-jalan saya dan mamas sih, rencana pengembangan BSD phase 3 berada di Jl. Jatake. Jaraknya kira-kira -/+ 2Km dari stasiun Parung Panjang. Jarak yang sama dengan exit tol Serpong - Balaraja ke arah Parung Panjang yang akan aktif pada tahun 2018.

Dengan adanya rencana tol tersebut, harga tanah di parung panjang pun mulai bergerak naik. Terlebih dengan rencana pembangunan kawasan Millenium City, dan jalur commuter line Citayam-Parung Panjang (yang akan dibangun pada tahun 2019), akan menjadikan Parung Panjang sebagai daerah transit yang ramai di tahun-tahun mendatang.

Rute Plan Commuter Line Citayam <> Parung Panjang source : tribunnews 

Plan Pengembangan Jalur Kereta Api Bogor sumber : dllaj kabupaten bogor
Saat ini banyak perumahan kelas menengah dan subsidi yang dibangun pengembang besar, seperti BSA Land, dan Hanson Land di sekitar Stasiun Parung Panjang. Tinggal pilih aja, mau yang mana perumahannya. hihihi.

Sayangnya saat ini truk tambang batu dan pasir masih melalui Jl. Raya Parung Panjang - Jl Sudamanik, sehingga jalan di sekitar sini cepat rusak dan berlubang.

"Trus, Dimana yang bagus?"

Sebenernya tulisan ini saya buat, karena banyak yang nanya di inbox *berasa banyak yang baca* , lokasi mana yang menjanjikan untuk memiliki rumah baru. Kami sendiri pada akhirnya memilih perumahan di kawasan Serpong, karena lokasinya yang dekat dengan stasiun KRL dan rencana exit tol, biar gampang akses ke Jakarta. hehehe

Tapi, yaa kembali lagi, kalau ngomongin lokasi perumahan mana yang bagus bin tepat, saya tidak dapat memilihkan developer atau perumahan mana yang bagus, karena memilih rumah tinggal itu tergantung pada kebutuhan, dan dana yang kita miliki.

silahkan baca : Memilih Perumahan

Kalau mampu beli rumah di tengah kota, yaa monggo. Atau kepengen yang praktis ala apartemen, yaa boleh. Mau rumah komersil, rumah subsidi, atau mau tinggal di Pondok Mertua Indah juga boleeeeh.... :D yang penting nyaman untuk ditinggali, hehehe.

Dengan melirik rencana perkembangan dan pembangunan infrastruktur di sekitar Jakarta ini, mudah-mudahan membantu temen-temen yang sedang menimbang-nimbang, perumahan / daerah mana yang menjanjikan.

Hmm.... kira-kira, dimana lagi yaa, daerah yang potensial di sekitar Jakarta? Ada yang mau menambahkan? :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

11 komentar :

  1. pembanguna suatud aerah kadang menimbulkan amsalah ya tapi lebih banayhk manfaat agar daerah itu berkembang

    BalasHapus
  2. Kalau bisa tinggal dekat tempat kerja ya, tapi pasti dipusat kota dan rame..
    Kalau mau sepi pasti harus diluar Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, maunya sih yang deket tempat kerja yaa. Tapi yang deket tempat kerja, masih belum terjangkau. huhuhu~
      Jadilah kita minggir saja, naik commuter line :P XD

      Hapus
  3. cakung, mba, daerah rumahku. Pengembang lagi banyak banget buka proyek di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mbak, emang lagi hits banget imbas rencana jalur tol baru cilincing-cibitung & KRL yaa :D hihihi

      Hapus
  4. Aku pilih di Bogor! Karena dari kecil sudah disini dan orang tua sudah disini juga sih hehehehe.

    http://faradiladputri.tumblr.com

    BalasHapus
  5. Saya pilih Parung panjang..karna bakal bagus prospek kedepannya...

    BalasHapus
  6. Saya pilih Parung panjang..karna bakal bagus prospek kedepannya...

    BalasHapus
  7. Saya pilih parung panjang..karna bakal bagus prospek kedepannya

    BalasHapus
  8. Saya pilih parung panjang..karna bakal bagus prospek kedepannya

    BalasHapus
  9. komplit banget infonya,,,tengkiu berat bu

    BalasHapus