Menata Si Rumah Mungil

Punya rumah yang ukurannya mungil memang menjadi tantangan dalam menatanya. Nggak cuma karena luas ukurannya saja, tapi juga harus kreatif mensiasati agar rumah terasa nyaman, aman, dan pastinya semua kebutuhan keluarga kita tercukupi.

Seperti pada kebanyakan rumah mungil, saya dan mamas menggabungkan fungsi ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu. Sayangnya kita kadang lupa, bahwa ruang tamu adalah wajah dari  rumah, karena ruang itu lah tempat pertama yang dilihat tamu. Sedangkan, ruang keluarga biasanya difungsikan untuk melakukan berragam kegiatan sepeti, nonton TV, bersantai, hingga bekerja.


Hmm.... kira-kira gimana yaa, mengatur ruang tamu sekaligus keluarga biar kelihatan tetep cantik, namun tetap mememenuhi seluruh kegiatan keluarga?


Ternyata walaupun kita memiliki rumah yang mungil, masih bisa lho memiliki ruang keluarga sekaligus ruang tamu yang memiliki fungsi maksimal. Seperti yang dijelaskan oleh Mbak Adinda Januardani selaku Interior Desainer Fabelio dalam acara #TUMLuncheon pada hari Sabtu lalu di Showroom Fabelio, Jl Panglima PolimV no.52.

"Agar ruang keluarga yang kecil memiliki fungsi yang maksimal, sebaiknya menggunakan sofa modular yang dapat dipindah-pindah, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan ruangan." ujarnya.

Begitu juga dalam memilih dan meletakkan furnitur, sebaiknya kita memilih menggunakan furnitur dengan desain ringan, agar ruangan tampak lebih luas, dengan penataan posisi funitur yang tepat pula. Karena kesalahan memilih dan meletakkan furnitur, ternyata bisa berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kita lho. Misalnya, peletakkan pesawat televisi.

Pasti emak-emak udah pada tau dong, bahaya kalau menonton TV terlalu dekat?

Terlepas dari fungsi dan teknologi dari televisi sendiri, saya nggak mungkir, televisi sudah menjadi hiburan utama bagi keluarga. Mau seru-seruan nonton bareng, yaa pake TV. Mau tau informasi dari berita atau acara talkshow, yaa dari tv. Kalo kondisi lagi garing banget, bisa memulai obrolan dari acara tv. :D

"Untuk peletakan televisi di ruang keluarga, sebaiknya lurus dengan arah pandang kita. Dengan jarak menonton yang tepat, 5x diagonal ukuran TV." Jelas Mbak Adinda.

Misalkan untuk ukuran TV 32 inch, maka jarak menonoton yang tepat dan aman adalah 3 meter. Begitu pun dengan peletakkan kursi atau sofa, sebaiknya diletakkan lurus dengan arah pandangan ke televisi, agar kita tidak perlu menengok, atau mendongak saat menonton. Biar leher dan punggung kita nggak pegel.

Selain memberikan tips-tips menata ruang keluarga, Mbak Adinda Januardani juga memberikan berbagai tips seputar cara menata kamar anak, dapur, juga memilih furnitur yang tepat, apalagi untuk ibu yang bekerja di rumah, seperti blogger.



"Untuk ibu yang bekerja dari rumah, sebaiknya memilih kursi arm chair yang nyaman, dan ergonomis. Karena arm-chair yang tepat akan membantu menopang lengan kita, sehingga membuat lebih nyaman, atau bahkan saat menyusui dan menimang si kecil." ungkapnya

Wah, bener nih. Aku ngebayangin kalo lagi menyusui itu emang enaknya sambil senderan, trus punggung kita ditopang dengan bantal tebal supaya tubuh kita tetap tegak, tapi rileks. Kayak koleksi Arm-chair dari Fabelio ini, comfy banget yaa... apalagi kalo lagi nyusuin anak. XD

*elus-elus suami* *minta beliin*
Giselle Arm Chair - Gambar dari https://fabelio.com/

"Begitu pula dalam menata kamar anak, sebaiknya menggunakan furnitur yang ringan, tidak bersudut tajam, serta lemari atau rak yang mudah dijangkau anak. Cara menata ruangan seperti ini akan memudahkan kita mengajari anak, untuk bertanggung jawab merapikan mainannya." jelasnya kembali.

Contoh kamar anak . sumber gambar : www.designtrends.com

Wow, ternyata sampai segitunya yaa manfaat menata interior. Nggak cuma rumah kita jadi cantik aja, tapi juga mempengaruhi psikologis anak.

Oh iya, sebenarnya menata ulang ruangan jadi kelihatan cantik itu gampang banget lho, gengs. Nggak perlu ganti-ganti furnitur tiap bulan. Cukup dengan menambahkan berbagai aksesoris yang sesuai dengan tema yang akan kita hidupkan di ruangan tersebut.

Misalnya kayak #HomeDecorChallenge yang diberikan Fabelio kemarin pada saya dan The Urban Mama. Kami diberikan challenge untuk menghidupkan ruang tamu, hanya dengan cushion, throw, buku, tanaman, dan lilin. 

Dan, ini dia hasilnya........

TADAAAA~!!
Gimana, kece nggak? XD

Kami memilih untuk menceriakan suasana dengan cushion berwarna cerah yang kontras dengan warna sofa. Dan untuk melembutkannya, kami memadukkannya dengan throw warna hijau lembut, yang disampirkan di sudut sofa.

Oh iya aku punya tips nih dalam menata throw ke sofa biar nggak tampak berantakan. Coba deh, lipat dulu throw pada sebagian sisinya, kemudian disampirkan dengan cara melebar, kebagian sofa yang lebar, agar throw 'muncul' sebagai pemanis sofa.

Kalau rumah kita sempit banget, dan furnitur standar nggak muat, kita nggak perlu bingung lho gengs. Fabelio ternyata menyediakan jasa layanan konsultasi, pembuatan custom furnitur, juga desain interior, lengkap banget, namanya "Home by Fabelio".



Dengan layanan ini, Fabelio memberikan kita service yang nggak nanggung-nanggung. Dan semua jasa konsultasi, desain interior pun, gratis sampai ongkos kirimnya.

Kalau penasaran dengan produk-produk furnitur dari Fabelio, kita bisa mengunjungi showroomnya di Senayan City atau di Jl. Panglima Polim V no. 52. Di sana nanti kita bisa ngerasain dan nyobain langsung, bahan-bahan yang digunakan, jadi nggak beli kucing dalam karung.





Selain itu, Fabelio juga memberikan garansi 30 hari masa perkenalan, dan 1 tahun untuk produknya. Keren yah, mana ada toko mebel yang ngasih garansi kayak gini. :D

Gimana.... kepikiran untuk bikin suasana baru di rumah?

Yuk, main ke Fabelio! XD


----------------------------------------------


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

17 komentar :

  1. Ruang tamu saya juga mungil dan memang kudu pinter2 pilih furniture ya mbak.
    Saya pun berencana kalau beli sofa yang simple dan mudah dipindahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa... hahaha ruang tamu sempit masih bisa dimaksimalkan dengan sofa modular. biar gampang dipindah-pindah :D

      Hapus
  2. Arm chair-nya itu bikin mupeng deh mbaaa.. hihi jd pingin punya juga.. :D Aku kayaknya salah beli sofa, rada kegedean gitu sama ruang tamunya Huhu.. Ada niat pingin ngejual trus beli yg lebih kecil, simpel dan modular ituu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa~!! XD sofa ku yg sekarang kegedean, niat mau beli yg modular aja trus Tambahin pake stool kecil2 aja biar muat ��

      Hapus
  3. Tipsnya keren. Bisa jadi referensi nih utk rumah mungil saya :)

    BalasHapus
  4. Wew... ruang tamunya jadi cantik. Kayaknya perlu cari-cari reference dari fabilio nih biar rumah saya juga cantik. Hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. main juga ke showroomnya deh bikin betah XD

      Hapus
  5. Hohoho sekarang belum punya rumah sendiri sih berhubung masih kuliah, tapi seru juga baca2 soal ngotak-atik perabotan rumah minimalis. Bikin pengen segera punya rumah sendiri :))

    Sayangnya di Jogja belum ada Fabelio nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woaah sabar-sabar... tunggu fabelio buka showroomnya yaa :D

      Hapus
  6. Pas baca ini jadi minta beliin suami tv yang lebih gede, haha. Tapi ilmunya bermanfaat banget lho Mbak buat menata rumahku yang dibilang gede juga nggak, kecil juga nggak, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iya mbak dew... yang penting pas sama rumah kita :D

      Hapus
  7. Kece bangettt Mbak, suka deh dekor ruang tamunya yang simpel tadi. Dan itu kursinya juga saya naksir buat leyeh-leyeh sambil nyusuin si adek.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kursinya emang comfy bangeeeet. XD *elus-elus suami*

      Hapus
  8. Waa ternyata ikutan #TUMLuncheon juga nih mba Anggun :)
    Acaranya seru yaa, bikin mupeng! btw Arm chairnya aku syukaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaa duh itu arm-chair idaman.... XD

      Hapus
  9. Saya seneng bgt penataan rumah yg minimalis smntr suami senengnya kayu2an yg gede2...huaa capedeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu..... masih bisa disolusikan koq mbak XD banyak juga yang minimalis dengan kayu :D

      Hapus