Siapin 5 Hal ini Sebelum Ikut Job Fair

Aloha, Fellas!!

Rasanya udah lama banget yaa nggak ngeblog lagi... Huhuhuhu, kangeeen banget. 

Memang sejak setelah libur lebaran yang lalu, aku jadi jarang menulis di blog ini karena ada sesuatu hal urgent dan bener-bener butuh perhatian penuh. But now i'm back! *peluk-peluk readers* *berasa artis*

Pas banget dengan bulan September, dan karena aku juga baru come back *haseek* aku mau curhat-curhat dikit ah, di  #EngineerNotes terutama buat dedek-dedek gemez yang baru aja lulus kuliah. Hehehhee



Jujur aja sih, kemarin itu pertama kalinya lho aku ikutan job fair di ICE BSD. Huahahaha. *pake topeng* *malu sama umur*

Gapaplah, walaupun aku termasuk experienced , tapi boleh doong ikutan nyari tantangan baru di Job Fair? :P Lagian seumur-umur dari jaman baru mbrojol dari sekolah dan kampus, aku sendiri emang nggak pernah ikut job fair, harena sudah mulai bekerja bahkan sejak sebelum lulus kuliah. :D So, kita samaan laah.. :P

Nah, buat temen-temen dan dedek-dedek gemez yang baru aja lulus kuliah, pasti udah nggak asing lagi deh sama acara Job Fair atau Career Expo. Yaps, acara yang diisi dengan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan ini, emang bertujuan untuk menjaring para calon pekerja muda.

Acara pameran bursa kerja atau career expo kayak begini manteb banget lho, untuk para pencari kerja, baik yang berpengalaman, maupun para fresh graduates. Soalnya cukup datang ke acara career expo, kamu langsung bisa melamar posisi di banyak perusahaan. Selain itu, banyak banget perusahaan yang mengadakan program recruitment untuk fresh graduates, seperti Management Trainee, ODP, ADP, de el el.



Eits, tapi jangan mentang-mentang judulnya "Pameran", trus dateng tanpa persiapan yaa. Karena pameran yang satu ini emang butuh persiapan khusus, dan kalau beruntung, bisa saja langsung diundang untuk interview dan direkrut jadi karyawan. Biar, nggak cuma numpang liat, dan capek doang dateng ke Job Fair, baca dulu deh apa aja sih yang harus disiapin untuk mengikuti Job Fair :

Dress to Impress

Meskipun kita nanti harus berkeliling dalam convention hall, tapi jangan pernah lupa bahwa yang berada dalam Career Expo ini adalah tim HRD dari perusahaan. Usahakan untuk tetap berpakaian rapi seolah-olah kita akan menghadiri interview pekerjaan. Dengan berpakaian rapi, berarti kita menghargai perusahaan yang bakal kita lamar.

Kenakanlah kemeja polos, dengan celana bahan dan sepatu. Jangan lupa, kemeja dimasukkan, dan pakai juga ikat pinggang, jam tangan, juga parfum yang segar. Serta pastikan juga, kuku dan rambut sudah terpangkas rapi.

Dan untuk kita yang cewek-cewek nih, hindari penggunaan sepatu kets. Gunakan sepatu yang nyaman, tapi tetap rapi, seperti flatshoes, atau mid-low heels. Hindari stilleto, ataupun sandal wedges, juga aksesoris yang berlebihan. Dandan juga yang biasa-biasa aja, nggak usah lebay, karena bukan acara beauty fair. Dan jangan begadang, supaya wajah terlihat fresh. Pokoknya berdandan lah rapi dan buatlah tim HRD yang ada terkesan dengan penampilanmu.

Siapkan CV

Iyalah, ngapain dateng ke Jobfair kalau nggak siap CV? XD *ditimpuk HRD*

Sebelum datang ke Job Fair, pastikan sudah menyiapkan CV yang menarik. Nggak cuma menarik dari segi visual aja, tapi juga menarik dari segi 'isi'. Jabarkan dengan jelas, kenali kemampuan apa yang menjadi kekuatan dalam diri kita, juga pengalaman-pengalaman yang menurut kita ngena banget dengat posisi pekerjaan yang diincar.

Misalnya kalau ingin melamar sebagai Network Engineer, maka kamu harus menjabarkan kemampuan dibidang network engineering, juga pengalaman-pengalaman yang berkaitan, contoh memahami installasi LAN.

Bawalah CV dalam bentuk hard copy dan soft copy. Karena ada saja perusahaan yang hanya mau menerima hardcopy/softcopy saja. Selain itu bawalah hardcopy CV yang buanyak, karena walau ada printing corner di acara career expo, percayalah, bakalan mager banget kalau harus antri ngeprint di tempat. :|

Datanglah Lebih Awal

Buat yang pertama kali, atau belum pernah mengikuti acara Job Fair atau Career Expo, saran dari saya adalah, datanglah lebih awal tau pagi sekalian.

Kenapa?

Mbak, Mas, Sist, en Bro, yang nyari kerja bukan elu doang. Elu bakal ngeliat orang bejibun segitu banyaknya untuk memperebutkan posisi di perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerjanya di situ.

Kalau kita datang tepat waktu atau lebih awal saat pameran dibuka, kita akan terhindar dari antrian panjang untuk masuk ke convention hall, ataupun ditolak masuk oleh penyelenggara jika pengunjung membludak.

Selain itu, kita juga punya kesempatan untuk bertanya atau konsultasi lebih banyak ke HRD perusahaan, tentang posisi apa yang seusai dengan skill dan pengalaman yang dimiliki.

Pelajari Profil perusahaan

Sebelum acara Jobfair, biasanya penyelenggara selalu menuliskan perusahaan apa saja yang ikut dalam career expo yang diadakan. Dari situ, mulailah untuk mencari tau perusahaan apa saja yang kamu inginkan, dan pelajari profil perusahaan dari internet. 

Dengan mengetahui profil sebuah perusahaan, kamu akan memahami kira-kira usaha apa yang dilakukan perusahaan, dan posisi yang sesuai dengan skill kita.

Positive Attitude

Walaupun kita berkompetisi di Job Fair, tapi bukan berarti kita harus sikut-sikutan dengan sesama jobseeker. Jagalah positive attitude selama mengikuti career expo. Jangan menyerobot antrian, jangan menyela pembicaraan staff recruitment, bersikaplah ramah dengan semua orang.

Tebarlah senyum, saat berkeliling mengunjungi booth. Sapa dengan staff HRD, ucapkan terima kasih jika meninggalkan booth. Jangan membuang sampah sembarangan, dan jagalah bicara kita. Karena dalam event ini, HRD akan melihat langsung attitude kita, jangan sampai nggak lolos, hanya karena attitude kita yang kurang baik saat Job Fair oleh HRD.

Oke deh, gitu aja informasi dan pengalamanku mengikuti Job Fair. Hehehe. Buat temen-temen yang tertarik untuk mengikuti Job Fair, jangan lupa juga siapin juga alat tulis, buku, permen mint, air minum, dan makanan kecil biar ngga dehidrasi, dan gampang capek. Karena emang Job Fair adalah kegiatan yang lumayan menguras tenaga. Hehehe.

Terakhir, jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Mengatur Rezeki, mudah-mudahan usaha dengan mengikuti job fair ini berbuah manis. :D

Selamat berburu!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar